November


  • 1 November 2017

“…Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati”┬á -Yakobus 4:6

🌟Kita harus menyadari keterbatasan dan ketidakberdayaan kita. Tanpa Tuhan kita tidak mampu berbuat apa-apa. Namun banyak dari kita yang lebih membanggakan diri sendiri, mengandalkan kekuatan dan kepintaran dalam menghadapi setiap permasalahan hidup, serta menganggap bahwa semua keberhasilan dan kekayaan yang kita raih adalah hasil usaha sendiri, bukan karena Tuhan.

  • 2 November 2017

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.”┬á -Amsal 3:5

🌟Percayakan segenap hidup kita padaNya, bergantung penuh kepada tuntunanNya, tidak lagi mengandalkan kepintaran dan kekuatan sendiri.┬áBerkat senantiasa tersedia bagi umat yang menghormati dan menempatkan Tuhan sebagai yang utama dalam hidupnya.

  • 3 November 2017

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.”┬á -Markus 1:35

🌟Doa adalah kekuatan dan bagian terpenting dalam pelayanan Yesus. Itulah rahasia kehidupanNya. Dia senantiasa menyediakan waktu untuk bercakap-cakap dan membangun persekutuan dengan Bapa.┬áJika Tuhan Yesus saja sangat memperhatikan jam-jam doaNya dan senantiasa menyediakan waktu khusus ‘bertemu dan bercakap-cakap’ dengan Bapa, apalagi kita. Bukankah seharusnya kita juga demikian?

  • 4 November 2017

Jika kamu menurut dan mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.”┬á -Yesaya 1:19

🌟Hari ini Tuhan menghadapkan kita pada suatu pilihan: memberontak atau taat, kebahagian (berkat) atau kehancuran (malapetaka). Mari kita belajar dari kehidupan Tuhan Yesus yang tidak pernah memberontak kepada Bapa meskipun harus mengalami penderitaan, bahkan sampai mati di kayu salib.

  • 5 November 2017

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”┬á -Yosua 1:8

🌟Kita harus senantiasa memperhatikan firmanNya dan mempercayai setiap isi di dalamnya sebagai berita yang hidup di dalam hati kita. Bukan itu saja. Ketika tindakan merenungkan firmanNya itu sudah menjadi pola hidup kita, hal itu akan mempengaruhi tubuh jasmani kita dengan cara yang positif. Kita akan seperti pohon yang terus bertumbuh dan semakin berakar kuat, yang secara teratur akan menghasilkan buah serta tetap tahan terhadap situasi-situasi sulit sekalipun.

  • 6 November 2017

“Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: ‘Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.’ Dan seketika itu juga anaknya sembuh.”┬á -Matius 15:28

🌟Menjalani hidup sebagai orang percaya bukanlah pekerjaan ringan, butuh ketekunan dan iman yang harus berakar kuat di dalam Tuhan. Jika tidak, kita akan mudah mengalami kekecewaan dan kepahitan saat menghadapi tantangan dan ujian. Tentunya kita pun tahu bahwa selama hidup di dunia ini kita tidak pernah luput dari apa yang dianamakan masalah.┬áJangan pernah menyerah! Pandang saja Yesus karena Dia mahasanggup!

  • 7 November 2017

Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.”┬á -1 Korintus 15:33

🌟Bila kita tinggal di dalam firmanNya, firman itu akan menerangi langkah hidup kita sehingga apabila ada hal-hal yang tak berkenan bagi Tuhan dapat segera kita lihat dan lari meninggalkannya.

  • 8 November 2018

“Sebab bukan orang yang memuji diri yang tahan uji, melainkan orang yang dipuji Tuhan.”┬á -2 Korintus 10:18

🌟Sebagai manusia kita cenderung suka sekali dipuji. Sanjungan dan acungan jempol dari orang lain atas segala jerih payah dan prestasi yang telah kita peroleh. Kerap kita ‘membusungkan dada’ ketika menyadari bahwa pelayanan kita lebih berhasil, gereja kita lebih ‘besar’ dibanding gereja lain, perusahaan kita paling ok atau segala sesuatu yang ada pada diri kita memiiliki nilai lebih dibandingkan dengan orang lain di sekitar kita.┬áAdalah sia-sia belaka bila kita meninggikan diri sendiri dan beroleh pujian manusia apabila hidup kita tidak berkenan di hadapan Tuhan!

  • 9 November 2017

Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan?┬á Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.”┬á -Matius 5:13

🌟Jika garam menjadi tawar berarti telah kehilangan fungsi dan pastilah sudah tidak berguna untuk apa pun.┬á Garam tawar adalah garam yang telah hilang kegunaannya, ia hanya akan dibuang dan diinjak-injak orang. Anak-anak Tuhan yang hidupnya tidak menjadi kesaksian sama dengan garam yang tawar!

  • 10 November 2017

Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela.”┬á -2 Korintus 6:3

🌟Sebagai pengikutNya, kita adalah saksiNya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan kesaksian, baik itu melalui perkataan dan terlebih penting lagi melalui perbuatan nyata.┬á Inilah yang sedang dilihat dan dibaca oleh orang lain!

  • 11 November 2017

“Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku.”┬á -Mazmur 34:2

🌟Dalam keadaan suka maupun duka Daud selalu memuji dan menyembah Tuhan.┬á Gaya hidup inilah yang akhirnya menjadi kesaksian dan berdampak bagi orang lain sehingga mereka mendekat kepada Tuhan dan percaya kepadaNya.

  • 12 November 2017

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”┬á -Matius 6:11

🌟Tuhan adalah sumber berkat, sumber segala-galanya bagi kita, maka dari itu marilah kita bergantung penuh kepada Tuhan hari demi hari.┬á Jika Tuhan sudah membuka pintu berkat bagi kita tak seorang pun dapat menutupnya.

  • 13 November 2017

“Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.”┬á -Yohanes 5:17

🌟Memang bukan perkara sulit bagi Tuhan untuk memberkati kita, karena Dia punya berbagai macam cara untuk menolong dan mencurahkan berkat-berkatNya di segala situasi, dan kita pun sangat percaya bahwa doa memiliki kuasa yang dahsyat namun, Tuhan tidak menghendaki kita menjadi orang-orang yang malas dan manja, yang hanya menadahkan tangan dan terus meminta kepada-Nya. Tuhan mau kita bekerja karena Dia telah memperlengkapi kita dengan talenta.

  • 14 November 2017

“Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.”┬á -Amsal 18:24

🌟Sulit menemukan seorang sahabat sejati seperti Yonatan di zaman sekarang!┬á Yang ada sekarang adalah┬á ‘kasih’┬á yang disertai dengan tendensi dan juga pengkhianatan demi kepentingan diri sendiri:┬á teman tega┬á ‘menusuk’┬á dari belakang, ada pula saudara kandung yang saling berkhianat oleh karena memperebutkan harta atau warisan.

  • 15 November 2017

Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”┬á -1 Yohanes 3:18

🌟Wujud sederhana mengasihi dalam tindakan adalah ketika melihat orang lain dalam kekurangan atau masalah, kita tergerak hati untuk memberikan bantuan, baik itu secara moril maupun materiil.

  • 16 November 2017

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”┬á -Filipi 4:13

🌟Badai hidup bisa saja melanda dalam hidup, namun semua itu takkan mampu menggoyahkan karena tangan Tuhan selalu menopangnya.

  • 17 November 2017

Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya:”┬á -Mazmur 146:5

🌟Orang yang mengandalkan Tuhan berarti menyadarkan dan mempercayakan hidupnya kepada Tuhan.┬áMengandalkan Tuhan adalah kunci kemenangan orang percaya menghadapi hari esok!

  • 18 November 2017

Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.”┬á -Yakobus 2:17

🌟Seberat apa pun pergumulan kita, asal kita datang kepada Tuhan dan memohon belas kasihanNya, pertolongan pasti disediakan Tuhan bagi kita.┬á Kuncinya adalah percaya dan bertindak dengan iman.┬áJangan menyerah kepada keadaan, bangkit dan percayalah kepada Tuhan, karena tidak ada perkara yang mustahil bagi Dia!

  • 19 November 2017

Engkau mengindahkan tanah itu, mengaruniainya kelimpahan, dan membuatnya sangat kaya. Batang air Allah penuh air; Engkau menyediakan gandum bagi mereka. Ya, demikianlah Engkau menyediakannya:”┬á -Mazmur 65:10

🌟Air kehidupan dari Tuhan tidak pernah mengenal kata surut, melainkan selamanya akan pasang dan terus mengalir.┬áJangan menyalahkan Tuhan jika kita merasa bahwa berkat dalam hidup ini rasa-rasanya kok┬áseret, segeralah bereskan saluran keluarnya air kehidupan yang kita terima dari Tuhan, mungkin selama ini ‘air’ berkat dari Tuhan itu tidak pernah kita salurkan keluar.

  • 20 November 2017

Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.”┬á -Mazmur 16:11

🌟Seringkali kita menyangka bahwa Tuhan mempunyai rancangan buruk bagi kita, sehingga kita tidak mempercayaiNya dan terus-menerus menolak keinginanNya.┬á Tuhan ingin kita memiliki persekutuan erat denganNya.┬áJangan pernah menjadi getir dalam menghadapi tantangan hidup ini, karena Tuhan akan memimpin kita untuk melaluinya.

  • 21 November 2017

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.”┬á -Pengkotbah 3:1

🌟Jika kita menyadari betapa singkatnya hidup ini, apa yang harus kita perbuat?┬á Masing-masing dari kita diminta untuk menghitung hari-hari kita sedemikian rupa sehingga kita beroleh hati yang bijaksana.

  • 22 November 2017

Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.”┬á -Yesaya 2:11

🌟Ketika sombong dan angkuh Tuhan akan merendahkan hidup seseorang.┬á Seberhasil apa pun kita, sadarilah bahwa semua karena anugerah Tuhan.

  • 23 November 2017

“…di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.” -Matius 23:28

🌟Orang dunia beranggapan bahwa kemunafikan adalah cara yang dibutuhkan agar kita dapat┬ásurvive┬ádalam pergaulan dan juga karier.┬á Terhadap orang-orang yang munafik Tuhan Yesus memakai bahasa yang cukup keras:┬á celakalah kamu yang munafik! Karena kemunafikan hanya akan membawa kita kepada kehancuran:┬á Tuhan akan memalingkan wajahNya terhadap kita, artinya pintu berkat juga tertutup!

  • 24 November 2017

Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.”┬á -Yohanes 6:11

🌟Namun di tengah keterbatasan yang ada, yaitu lima roti dan dua ikan, Tuhan Yesus tetap mengucap syukur kepada Bapa di sorga.┬á Setelah mengucap syukur, apa yang terjadi?┬á Mujizat terjadi!┬áKarena itu jangan pernah membatasi kuasa Tuhan yang tak terbatas itu dengan keterbatasan kita.

  • 25 November 2017

“Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya,…”┬á -Pengkotbah 3:11

🌟Berkat Tuhan dan pertolonganNya tidak akan turun jika tak ada ketaatan dan iman yang disertai dengan┬áperbuatan.

  • 26 November 2017

Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.”┬á -Mazmur 5:4

🌟Di dalam kekariban dengan Tuhan ada pertolongan dan mujizat.┬á Daniel adalah contoh lain anak muda yang memiliki kekariban dengan Tuhan.

  • 27 November 2017

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan:┬á roh memang penurut, tetapi daging lemah.”┬á -Matius 26:41

🌟Membangun kekariban dengan Tuhan adalah sebuah proses.┬á Jadi tidak ada yang instan, tapi perlu latihan dari hari ke sehari.┬á Jangan malas dan teruslah berlatih!┬á Kita harus memaksa tubuh kita untuk berdoa dan melawan rasa kantuk.

  • 28 November 2017

Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu;”┬á -Mazmur 34:20

🌟Tuhan berjanji bahwa di dalam Dia selalu ada pertolongan dan jalan keluar.┬á Melalui kuasa Roh KudusNya Tuhan akan menopang, menguatkan dan menyertai kita.

  • 29 November 2017

Hidup dan mati dikuasai lidah,”┬á -Amsal 18:21

🌟Ucapan kita ibarat benih, kalau kita mengucapkan sesuatu, kita seperti sedang menabur benih, pada saat yang tepat kita akan menuainya. Karena itu marilah kita belajar mengucapkan kata-kata iman, kata-kata berkat dan semua hal yang positif, pada saat yang tepat, Tuhan pasti akan menggenapi janjiNya.

  • 30 November 2017

…siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.”┬á -2 Korintus 5:17

🌟Artinya kehidupan lama dengan segala sifat dan karakternya harus benar-benar kita tinggalkan.