Desember


  • 1 Desember 2017

“Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni;”┬á -Mazmur 18:31

🌟Adakalanya Tuhan mengijinkan masalah terjadi sebagai bagian dari proses untuk menguji kualitas iman kita, menguji ketekunan, kesetiaan dan kesabaran kita. Janji Tuhan itu murni, karena itu jangan bimbang!

  • 2 Desember 2017

Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah,”┬á -Roma 8:17

🌟Seringkali kita mempertanyakan janji-janji Tuhan yang berkenaan dengan:┬á pertolongan, pemulihan, pembelaan, kesembuhan, dan kemenangan.┬á Kita berpikir bahwa kita sudah melakukan bagian kita, tapi mengapa Tuhan belum juga menunjukkan tanda-tanda untuk menggenapi janji-Nya dalam kita. Kemalasan, ketidaksabaran, ketidaktekunan, kekuatiran, ketakutan, keraguan, atau persungutan yang kita tunjukkan adalah hal-hal yang menjadi faktor menghalang bagi kita untuk mengalami penggenapan janji Tuhan, padahal janji Tuhan itu sudah disediakan bagi kita.

  • 3 Desember 2017

“…,Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.”┬á -Matius 2:11

🌟Emas┬ágambaran dari barang yang berharga,┬ákemenyan┬áberbicara tentang pujian dan penyembahan, sedangkan┬ámur┬áberbicara tentang ketekunan.
Sudahkah kita memberi yang terbaik kepada Tuhan Yesus dan punya kerendahan hati seperti orang-orang Majus ini?

  • 4 Desember 2017

“…sebab Allah tidak memandang muka…”┬á -Galatia 2:6

Tuhan tidak pernah terpesona dengan apa yang kita kerjakan, tapi perhatian Tuhan adalah motivasi di balik segala sesuatu yang kita kerjakan.  Motivasi berbicara tentang sikap hati seseorang.

  • 5 Desember 2017

“Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.”┬á -Amsal 27:19

🌟Mengapa Tuhan memperhatikan hati?┬áHati adalah dasar untuk menentukan kualitas pikiran, perkataan dan perbuatan seseorang.┬á Ketika hati kita bersih akan berdampak positif terhadap pikiran, perkataan dan perbuatan kita.┬áSikap hati berbicara tentang ketulusan, ketekunan, kesetiaan dan pengorbanan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.┬á Mungkin kita dipandang sebelah mata oleh orang lain, bahkan kesetiaan, ketulusan dan pengorbanan kita sepertinya tidak dianggap.┬á Jangan putus asa, tetap lakukan dengan setia apa yang menjadi bagian kita!

  • 6 Desember 2017

Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.”┬á -Mazmur 20:7

🌟Kunci untuk mengalami urapan Tuhan ialah menjauhkan diri dari segala bentuk kecemaran, hidup benar punya kerendahan hati dan rasa haus dan lapar akan perkara rohani.

  • 7 Desember 2017

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!”┬á -Mazmur 133:1

Salah satu hal yang sangat dibenci dan ditakuti Iblis adalah ketika orang percaya hidup dalam kebersamaan dan kerukunan.  Iblis benci melihat keluarga-keluarga Kristen hidup rukun dan hamba-hamba Tuhan saling bergandengan tangan.  Itulah sebabnya Iblis selalu mencari cara dan celah untuk menciptakan perpecahan dan pertikaian dalam hidup orang percaya.  Karena ia tahu bahwa di dalam kebersamaan dan kerukunan akan tercipta sebuah kekuatan yang luar biasa.

  • 8 Desember 2017

“Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!” -2 Tawarikh 20:21

🌟Ketika mereka bersorak-sorai sambil memuji-muji Tuhan, Tuhan melakukan penghadangan terhadap para musuh.┬á Musuh pun terpukul kalah. Ada kuasa di dalam pujian!

  • 9 Desember 2017

Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: ‘Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya.'”┬á –1 Samuel 16:7

🌟Apa yang dipandang baik oleh manusia belum tentu baik di mata Tuhan!

  • 10 Desember 2017

Kasihanilah aku, ya Allah, kasihanilah aku, sebab kepada-Mulah jiwaku berlindung; dalam naungan sayap-Mu aku akan berlindung, sampai berlalu penghancuran itu.” -Mazmur 57:2

🌟Jangan kita komplain atau marah kepada Tuhan,┬átetap memandang Tuhan dan berseru kepada-Nya karena tidak ada pribadi yang lain yang sanggup menolong selain Allah.

  • 11 Desember 2017

“…Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?”┬á -1 Korintus 3:3

🌟Yang layak untuk ditinggikan dan diagungkan dalam hidup orang percaya hanyalah Tuhan Yesus saja, bukan manusia.┬á Jika tidak, perpecahan pasti akan terhadi dan tak terhindarkan!┬á Selama masih ada perselisihan, benci, marah, akar pahit, dendam, iri hati, kita masih hidup sebagai manusia duniawi. Mari kita bersatu hati untuk melayani Tuhan dan memberitakan InjilNya, supaya nama Tuhan dipermuliakan melalui gereja-Nya!

  • 12 Desember 2017

“Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.”┬á -Yohanes 3:30

🌟Hal ini menunjukkan bahwa Yohanes tidak haus pujian atau ingin dihormati, ia tetap menempatkan Yesus sebagai yang utama dan terbesar. Dialah yang patut ditinggikan dan diagungkan.┬áSeringkali ketika seseorang sudah dipercaya untuk melayani Tuhan, hatinya mulai berubah.┬áKita sudah lupa dengan esensi seorang ‘hamba’:┬á tugas seorang hamba adalah untuk melayani, bukan dilayani.

  • 13 Desember 2017

“…jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.”┬á -Matius 6:3

🌟Tidak sedikit orang yang memberi persembahan untuk pekerjaan Tuhan┬á (menolong orang yang sedang dalam kesusahan, membantu korban bencana, menjadi donatur untuk yayasan-yayasan sosial dan sebagainya)┬á oleh karena mereka memiiki motivasi-motivasi tertentu, tidak tulus ikhlas:┬á supaya terkenal, beroleh pujian dan decak kagum dari orang yang melihatnya dan lain-lain. Tuhan tidak menghendaki persembahan yang demikian.

  • 14 Desember 2017

Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang yang setia, siapakah menemukannya?”┬á -Amsal 20:6

🌟Banyak dari kita yang menyerah dan berhenti dari apa yang sedang dikerjakan Tuhan dalam hidup kita, hanya sesaat sebelum Tuhan menyatakan pertolongan dan kuasaNya. Jadi selama masa ujian kita harus tetap setia, sebab kita tidak pernah tahu kapan kita akan menuai hasilnya.

  • 15 Desember 2017

“Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela,”┬á -Mazmur 18:26

🌟Walaupun banyak tantangan dan ujian jangan menjadi lemah dan kecewa, tetapi setia mengerjakan apa yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita, karena Tuhan sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang besar di dalam hidup kita.┬á Ia sedang membentuk karakter di dalam hidup kita dan memperlengkapi kita untuk jangka panjang.

  • 16 Desember 2017

…anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah.┬á Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.”┬á -Mazmur 127:3-4

🌟Anak adalah harta istimewa dari Tuhan, karena itu kasihi dan didiklah mereka dengan benar.

  • 17 Desember 2017

“…bagi Allah tidak ada yang mustahil!”┬á -Lukas 1:37

🌟Sekalipun kita terbatas, kita memiliki Tuhan yang kuasanya tak terbatas.

  • 18 Desember 2017
Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!”┬á -Wahyu 3:1
🌟Sesibuk apa pun tidak ada alasan untuk tidak┬ábersekutu┬ádan membangun kekariban dengan Tuhan. Itulah kunci utama! Apalagi bagi pelayan tuhan, tanpa keintiman denganNya, pelayanan kita tidak lebih dari sekedar rutinitas belaka.
  • 19 Desember 2017

“Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam.”┬á -Amsal 24:20

🌟Karena itu jangan gentar menghadapi hari esok!┬á Asal kita berjalan bersama Tuhan, hari-hari kita akan dipenuhi oleh kemenangan demi kemenangan.

  • 20 Desember 2017

Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.”┬á -Efesus 5:17

🌟Mengerti kehendak Tuhan berarti kita tidak lagi hidup menurut kehendak sendiri, melainkan taat;┬á dan berkat pasti tersedia bagi orang yang taat!

  • 21 Desember 2017

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.”┬á -Roma 12:11

🌟Tuhan akan melimpahkan kekuatan dan kuasaNya itu hanya kepada orang-orang yang memiliki hati yang loyal atau setia kepada Tuhan.

  • 22 Desember 2017

Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan Tuhan, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.”┬á -Amsal 3:11

🌟Jika kita ingin memiliki kehidupan yang dikenan Tuhan dan diberkati, jangan hanya memberikan korban, tetapi kita juga harus hidup dalam kebenaran yaitu melakukan firmanNya!┬áHikmat memimpin seseorang hidup dalam kebenaran dan semakin berkenan pada Tuhan!

  • 23 Desember 2017

“Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak.”┬á -Amsal 16:16

🌟Hikmat itu begitu special, di mana tidak ada seorang pun dapat membelinya, karena di dunia ini tidak ada orang yang menjual hikmat.

  • 24 Desember 2017

Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.”┬á -Yohanes 15:6

🌟Tanpa keintiman dengan Tuhan sulit bagi kita untuk mengerti apalagi mengasihi Tuhan dan melakukan perintahNya.

  • 25 Desember 2017

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.”┬á ┬á-Yesaya 9:1

🌟Yesus adalah hadiah terindah dari Surga bagi umat manusia, karena di dalam Dia tidak ada lagi kegelapan, melainkan ada terang, pengharapan dan kehidupan kekal!

  • 26 Desember 2017

“demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.”┬á -Yesaya 55:11

🌟Firman Tuhan adalah ya┬ádan┬áamin. Tidak ada perkataan firman Tuhan yang akan berlalu sia-sia.

  • 27 Desember 2017

“Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.”┬á -Yakobus 5:7

🌟Sering kita mudah mengeluh, bersungut-sungut dan putus asa karena merasa tidak kuat lagi menghadapi permasalahan yang ada.┬á Sebagai anak-anak Tuhan tidak seharusnya kita bersikap demikian. Milikilah mental seorang petani yang selalu sabar dan tekun menantikan panen tiba.